About ERD dan Membuat ERD Penyewaan Film ke Database Fisik

Postingan kali ini melanjutkan tugas database ane yang kemarin😀 . Kalau kemarin kitakan mbahas desain database, trus caranya bikin database di PhpMyAdmin… Nah kali ini ane akan membahas ERD, yah… sebagai contoh sehari-hari ane ngambil dari Penyewaan Film daahh….😀

Sebelumnya untuk dosen yang menilai, ini NIM saya : A11.2010.05335
dan kelompok makul : A11.4407

BTW apasih ERD???😕

Entity Relationship Diagram (as known as ERD) ialah pemodelan data utama dan akan membantu mengorganisasikan data dalam suatu proyek ke dalam entitas-entitas dan menentukan hubungan antar entitas beserta attribut-attributnya.

Opo kuwi Entitas gan??😕

Santee tak jelasin…

Entitas (Entity)
Suatu yang nyata dimana kita akan menyimpan data. Jadi contohnya ialah seperti misalnya ERD mengenai Penyewaan, nah Entitas nya yaitu entitas member, entitas cd/dvd film, entitas pegawai dll.
Ada 2 tipe Entitas :
1. Entitas Kuat, merupakan entitas yang tidak memiliki ketergantungan dengan entitas lain.
2. Entitas Lemah, merupakan entitas yang kemunculannya tergantung pada keberandaan entitas lain pada suatu relasi.

La teruus opo kuwi atribut????😕 ndak yang biasane dipake pramuka, polisi, tentara??? Eh Stop..Stop  :mrgreen: disini ane gak bahas itu…

Nah, atribut itu adalah suatu tempat atau objek yang berguna untuk menyimpan data-data😀. Contohnya kalau dari ERD Penyewaan Film itu seperti misal Entitas nya ialah entitas Pegawai, nah attribut nya dapat berupa no_pegawai, nama, dll.
Berikut adalah jenis-jenis atribut🙄 :
1. Atribut komposit = Atribut yang tidak bisa dipecah lagi menjadi atribut yang lebih kecil
2. Atribut atomic = Atribut yang terdiri atas satu komponen tunggal dan tidak bisa diuraikan lg
3. Single-valued attribute = Atribut yang hanya punya satu nilai untuk suatu entitas.
4. Multi-valued attribute = Atribut yang dapat teridir dari sekumpulan nilai untuk entitas.
5. Atribut Derivatif = Atribut yang dihasilkan dari atribut lain yang tidak berasal dari 1 entitas.

Nah dalam database ada yang namanya relasi, relasi itu menghubungkan antar entitas😀 baik 1 atau banyak entitas. Contohnya gini, ERD Penyewaan Film, kita ambil Entitas Pegawai dengan Entitas Member. Trus, entitas pegawai memiliki relasi dengan entitas Member sebagai “Meminjamkan”, yang artinya Pegawai meminjamkan Member. Jadi di dalam relasi, harus ada hubungan yang pasti pada antar entitas yang berelasi. Gimana udah mudeng?😀

Setelah relasi ada yang namanya derajat kardinalitas yang bakalan ane jabarkan sebagai berikut🙄 :

1. One to One (Satu ke satu) = Setiap anggota entitas E1 hanya boleh berhubungan dengan 1 anggota entitas E2, begitu pula sebaliknya.

2. One to Many (Satu ke Banyak) = Setiap anggota entitas E1 boleh berhubungan lebih dari satu dari anggota entitas E2, begitu pula sebaliknya.

3. Many to Many (Banyak ke Banyak) = Setiap entitas E1 boleh berhubungan dengan banyak anggota entitas E1, demikian juga sebaliknya.

Lalu berikut simbol-simbol yang umum dipakai dalam pembuatan ERD berikut keterangannya🙄 :

Oke… Sekarang udah mudengkan dasar2 istilah yang dipakai dalam membuat ERD dan database nantinya. Bagaimana kalau langsung dicoba…

Dibawah ada ERD Penyewaan Film🙄

Kita ingin Membuat ERD Penyewaan Film ke Database Fisik. Dari ERD diatas, member memiliki atribut no_anggota, nama, dan alamat, lalu entitas pegawai memiliki atribut no_pegawai, dan nama. Untuk CD/DVD film, memiliki atribut kode_film, judul, jenis_film, pada relasi transaksi yang menghubungkanketiga entitas tersebut memiliki atribut no_transaksi, pembayaran, tgl_pinjam, tgl_kembali. Oke setelah kita Petama-tama buat tabel-tabelnya dulu🙄

Dari tabel diatas akan dihubungkan struktur tabelnya jadinya seperti dibawah ini🙄

Begituh EDR yang saya transformasikan ke dalam model data fisik lalu saya hubungkan menjadi struktur tabel… Semoga berguna, kalau salah ane minta maaf namanya manusia hehe…😛

About Ardea_Gamma

I want to break free !

Posted on 27 April 2012, in Tugas. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. wah gak ngerti blas ginian hehehe

  2. wah tambah bingung nih bro

  3. jgn lupa gan, bahas SAP jg😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: