Gimana sih bikin Database dengan PhpMyAdmin???

Halo, ketemu lagi di ZD blog😀 . Kali ini, ane mau nerusin tugas yang disuruh dosen ane. Ane harus bersyukur dikasih tugas… coba kalau gak, bisa-bisa ane bingung😕 , ane mahasiswa apa bukan hehehe:mrgreen: (Note: Bu, boleh kasih tugas, tapi jangan banyak-banyak dan susah ya Bu! hehehe, nilainya dibagusin ya Bu!:mrgreen: )

Oke!! Kemarinkan kita belajar tentang desain database, kali ini ane akan menjelaskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam rangka untuk membuat database baru memakai PhpMyAdmin, yah mungkin juga termasuk dari mendesain database dari menambahkan tabel dengan catatan, buat backup database dan melakukan restore database prosedur.

Sebelumnya untuk dosen yang menilai, ini NIM saya : A11.2010.05335
dan kelompok makul : A11.4407

Ayo kita mulai dengan penciptaan database!!!😎

Oh ya!! Harap dicatat bahwa kita gak bisa membuat database langsung melalui cPanel-> PhpMyAdmin karena kurangnya hak pengguna. Namun, kita dapat dengan mudah membuat database baru dari Anda cPanel-> MySQL Databases . Arahkan ke kotak Create New Database. Masukkin nama database di New Database kolom teks dan klik pada tombol Create Database.

Nama database akan didahului dengan username cPanel. Misalnya, jika cPanel nama penggunaku adalah user dan aku pingin memiliki database bernama test , jadinya… nama database sebenarnya akan user_test . Kita akan mendapatkan pesan konfirmasi seperti gini…🙄

Lhaa.. truss gimana kita mau nambahin tabel di MySQL Database😕 ???

Pertama arahin ke cPanel-> PhpMyAdmin tool dan buka database yang baru dibuat. disini kosong dan tidak ada tabel.🙄

Masukkan nama tabel dan jumlah field. Klik pada Go tombol untuk membuat tabel.

Pada layar berikutnya kita harus memasukkan nama field dan properties yang sesuai. Dan propertiesnya adalah adalah…. :rool:

Type

Di sini kita kudu memilih jenis data yang akan disimpan dalam bidang yang sesuai. Rincian lebih lanjut tentang pilihan yang mungkin dapat ditemukan di dokumentasi resmi MySQL Data Types .

Lenght/Value

Nah, di sini kita harus memasukkan panjang field. Jika tipe field adalah “enum” atau “set”, masukkan nilai dengan menggunakan format seperti ini: ‘a’, ‘b’, ‘c’ …

Collation

Lalu pilih pengumpulan data untuk setiap field.

Attributes

Disini, pilihan Atribut yang mungkin adalah:

BINARY – pemeriksaan untuk field akan menjadi biner, untuk utf8_bin misalnya;

Unsigned – nilai numerik field akan positif atau 0;

ZEROFILL unsigned – field nilai numerik akan positif atau 0 dan yang dimulai dari nol akan ditambahkan ke nomor;

CURRENT_TIMESTAMP ON UPDATE – nilai atau value untuk bidang tipe data memiliki timestamp saat ini sebagai nilai default, dan nantinya akan diperbarui secara otomatis;

Null

Di sini kita menentukan apakah nilai field dapat menjadi NULL. Lebih lanjut tentang nilai NULL dapat ditemukan dalam dokumentasi MySQL .

Default

Properti ini memungkinkan kita untuk mengatur nilai default field.

Extra

Dalam properti Ekstra kita dapat menentukan apakah nilai field adalah auto-increment.

Tombol radio yang datang di bawah menentukan apakah terdapat Index ditetapkan untuk bidang tertentu dan menentukan Indeks type atau jenis.

Comments

Di sini Anda dapat menambahkan komentar😀 , yang akan dimasukkan dalam kode database sql.

Pada akhirnya kita dapat memasukkan Table comments dan memilih MySQL Storage Engine dan Collation . Setelah siap, klik pada tombol Save.

Jika kita ingin menambahkan lebih banyak bidang… Maka kita harus menentukan jumlah mereka dan klik pada Go tombol bukannya Save :? .

Tabel database akan dibuat dan kit akan melihat query MySQL yang sesuai🙄 .

Sekarang kita akan melanjutkan dengan mengisi tabel dengan data😀.

Truss… Gimana sih nambahin konten didalam Table Database😕 ???

Tenang… Sebelumnya kita kudu nambahin record dulu😀 .Untuk menambahkan record dalam satu klik tabel database pada tab Insert.

Masukkin data dalam bidang yang sesuai dan klik pada tombol Go untuk menyimpannya.

Di bagian bawah halaman, kita akan melihat menu drop-down berlabel Restart insertion with x rows . Di sana kita dapat memilih jumlah baris yang kita dapat mengisi dengan data dan masukkan sekaligus. Secara default nilainya adalah 2.

Kotak Ignore akan memungkinkan kita untuk mengabaikan data yang dimasukkan di bawahnya. Ini gak usah ditambahkan.

Kita dapat melihat catatan baru dimasukkan dengan mengklik tab Browse.

Kita dapat mengedit atau menghapus catatan dengan mengklik ikon yang sesuai.

Dan untuk menyisipkan catatan lebih, kembali ke tab Insert dan ulangi prosedur tersebut😀 .

Cara Backup Databasenya gimana broo???

Oo.. Ya… Hampir lupa.. Kita dapat membuat cadangan dari database Anda melalui tab Export.

Pilih tabel yang akan diekspor.

Biarkan pilihan tombol radio ke SQL pilihan. Structure dan Data kotak centang harus tetap diperiksa.

Pilih kotak Save as file dicentang dan kemudian klik pada tombol Go.

Dengan cara ini kita akan menyimpan file dump SQL dengan struktur database Anda dan konten pada komputer lokal kita.

Jika kita memiliki database besar dengan banyak catatan, nilai timeout server dapat tercapai. Dalam hal ini, kita dapat mengekspor database dalam beberapa batch.

Lalu Cara Merestore Backup-an tadi Gimana😕 ???

Kita dapat mengembalikan backup database Anda dari tab Import 😀 .

Klik pada Browse tombol untuk memilih file backup database dari komputer lokal kita.

Pilih charset file dari menu drop-down yang sesuai.

Jika file terlalu besar, timeout server MySQL dapat tercapai. Dalam hal ini, kita dapat menghentikan tindakan impor. Kemudian kita dapat melanjutkan dengan data impor mendefinisikan jumlah permintaan yang akan dilewati dari awal file. Dengan cara ini kita akan melewatkan permintaan impor dan melanjutkan dari sudut interupsi.

Selain itu kita dapat memilih modus kompatibilitas SQL dari file impor. kita dapat menemukan rincian lebih lanjut di dokumentasi Server Mode SQL.

That’s all… , semoga berguna, sampai ketemu next post!!!:mrgreen:

About Ardea_Gamma

I want to break free !

Posted on 27 April 2012, in Tugas. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. damn.. ane dapet C pas ujian perancangan DB..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: